Gumuk Pasir, Padang Pasir Satu-Satunya Di Indonesia

Gumuk Pasir, Padang Pasir Satu-Satunya Di Indonesia
Gumuk Pasir, Padang Pasir Satu-Satunya Di Indonesia
Ingin merasakan sensasi berada di tengah gurun pasir? Tak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri, karena di Bantul, Yogyakarta juga memilikinya yang tenar dengan nama “Gumuk Pasir”. Lokasinya tidak jauh di sebelah barat Pantai Parangtritis. Pemandangan yang eksotis dan langka ini sering dimanfaatkan pasangan untuk lokasi pre wedding. Pembuatan video klip, sinetron dan film juga sering mengambil latar belakang pemandangan Gumuk Pasir. Sudah siap menikmati sensasi berada di Gurun Pasir?

Padang Pasir satu-satunya di Indonesia

Gumuk Pasir, Padang Pasir Satu-Satunya Di Indonesia

Fenomena Gumuk Pasir memang unik dan satu-satunya yang terdapat di Indonesia. Karena tanah air ini dikenal beriklim tropis dan dilintasi garis khatulistiwa. Sehingga keberadaan Gumuk Pasir menjadi sangat istimewa. Fenomena alam ni terbentuk karena pergerakan angin yang membawa pasir yang merupakan material vulkanis dari Gunung Merapi.

Pasir itu berterbangan mengarah ke laut, selanjutnya bersatu bersama air dan terbentuklah pasir halus. Proses ini berlangsung ribuan tahun silam. Hingga tumpukan pasir halus itu menciptakan bukit pasir seperti yang nampak saat sekarang ini.

Keunikan lain terlihat pada Gumuk Pasir adalah temperatur udara yang bisa bergerak ekstrem  saat siang hari hingga malam hari. Saat siang hari, suhu udara di Gumuk Pasir akan sangat panas. Sedangkan pada malam harinya, temperatur udaranya mirip dengan Gurun Sahara. Fenomena yang unik ini, satu-satunya yang bisa dijumpai di Indonesia.

Akan masuk Situs Warisan Dunia oleh UNESCO

Gumuk Pasir, Padang Pasir Satu-Satunya Di Indonesia

Sebelumnya masyarakat setempat menganggap kalau Gumuk pasir adalah fenomena alam yang biasa. Tapi ahli geografi dan geologi yang menggelar penelitian di Gumuk Pasir, percaya kalau itu bukan fenomena biasa. Saat ini selain dijadikan lokasi wisata, juga dimanfaatkan sebagai pusat penelitian. Kabarnya Gumuk pasir akan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Keunikan dna keindahan Gumuk Pasir mengundang inspirasi para fotografer untuk menciptakan karya foto yang memikat. Gumuk Pasir ini pernah menjadi tempat syuting video klip penyanyi ternama, Agnes Monica dan juga grup band Letto. Lokasi ini juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat latihan manasik haji, sebelum benar-benar terbang ke Mekkah. Sehingga calon jamaah haji ini bisa melatih diri untuk beradaptasi dengan suhu udara di Arab Saudi.

Jalur mudah menuju Gumuk Pasir

Gumuk Pasir, Padang Pasir Satu-Satunya Di Indonesia

Gumuk Pasir ini mempunyai panjang hingga 15,7 kilometer yang terbentang dari hilir Sungai Opak hingga menuju Pantai Parangtritis. Keberadaannya sekitar 2 kilometer dari garis pantai selatan Jawa. Untuk menuju kawasan ini dari pusat Kota Jogja, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit. 

Anda bisa menempuhnya dengan sepeda motor atau mobil. Karena tak jauh dari kawasan pantai, bermain air di tepian pantai sangat menyenangkan. Jangan lupa membawa pakaian atau kaos ganti. Jalan menuju lokasi ini sangat mudah, jadi atak akan menemui halangan berarti. Bagi yang ingin menuju Jogja dengan pesawat terbang, terdapat banyak rute perjalanan. 

Terdapat banyak penginapan nyaman di Jogja

Gumuk Pasir, Padang Pasir Satu-Satunya Di Indonesia

Jogja selain kota pelajar, juga menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik dan juga turis asing. Tidak heran kalau akhir pekan dan liburan sekolah, kawasan ini selalu dipadati wisatawan dari berbagai daerah dan luar negeri. Tersedia banyak hotel di Jogja, mulai kelas hotel melati sampai hotel berbintang. Agar tidak kehabisan kamar favorit di hotel favorit, memesan jauh-jauh hari sangat disarankan. 

Bagi Anda yang ingin memperoleh pengetahuan seputar sejarah terbentuknya Gumuk Pasir bisa mendatangi Museum Geospatial Gumuk Pasir yang berada di kawasan tersebut. Jadi Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan dan berfoto-foto saja, tapi bisa mengenal lebih jauh seluk beluk dari Gumuk Pasir. Siapkan tas travel bag Anda, untuk menjelajahi keunikan Gumuk Pasir.





Komentar