Bermeditasi Di Candi Gunung Kawi

Bermeditasi Di Candi Gunung Kawi
Bermeditasi Di Candi Gunung Kawi
Bali tidak hanya dihiasi pantai-pantai cantik saja, tapi juga menyimpan situs sejarah bernilai tinggi. Situs ini adalah Candi Gunung Kawi yang berada di Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Candi ini dibuat saat masa kekuasaan Raja Anak Wungsu sekitar tahun 1049 hingga 1077 Masehi. Ayo telusuri keunikan dan keindahannya!

Candi Unik Yang Dipahat Di Tebing

Bermeditasi Di Candi Gunung Kawi
Kompleks bangunan ini adalah kawasan suci, karena dimanfaatkan sebagai tempat petirtaan dan pertapaan. Bagi Anda yang ingin bermeditasi di tempat ini bisa melakukannya saat berkunjung ke Bali.Awalnya candi tersebut ditemukan dan dikenalkan kepada publik sejak tahun 1920. Penemu bangunan unik dan bersejarah ini adalah Residen H.T. Damste. 

Bermeditasi Di Candi Gunung Kawi
Di lokasi ini terdapat satu wihara, tiga candi dan empat kelompok bangunan pahatan. Candi Gunung Kawi ini masuk dalam kategori candi padas atau candi pahatan atau candi tebing. Keunikan dari candi ini adalah relief candinya langsung dipahatkan di tebing batu gamping yang terletak di tepian sawah atau sungai.

Sangat Cocok Untuk Bermeditasi

Bermeditasi Di Candi Gunung Kawi
Selain candi tebing ini, terdapat dua kelompok kawasan suci di Bali, yakni miniatur candi yang terbuat dari batu padas berukuran kecil yang dilengkapi tiga bagian candi (kepala, tubuh dan kaki). Yang lain adalah kelompok candi monumental atau dikenal juga dengan candi 3 dimensi yang terbuat dari batu padas yang dibangun dengan cara menyusunnya.

Wisatawan yang berdatangan biasanya juga ingin merasakan meditasi di kawasan candi tersebut. Mereka ingin mengosongkan pikiran sesaat, sehingga bisa mencapai nilai spiritualitas tinggi. Aktivitas ini sangat didukung dengan kondisi alam yang tenang di sekelilingnya.

Transportasi Dan Akomodasi Di Sekitar Candi Gunung Kawi


Bermeditasi Di Candi Gunung Kawi
Bila Anda datang melalui jalur udara, maka bisa menggunakan banyak rute penerbangan dari berbagai kota di Indonesia. Untuk kebutuhan akomodasi, Anda tidak perlu khawatir karena kawasan Gianyar terdapat banyak hotel nyaman dengan fasilitas memadai. 


Komentar