Aktivitas Seru Di Danau Sentani Jayapura

Aktivitas Seru Di Danau Sentani Jayapura
Aktivitas Seru Di Danau Sentani Jayapura
Danau Sentani adalah destinasi wisata eksotis dan menakjubkan lainnya selain Raja Ampat. Papua memang menyimpan pesona dan kekayaan alam yang luar biasa. Danau ini berada di wilayah Jayapura yang menyimpan 22 pulau menawan. Karena memang ukuran danau ini begitu besar. Apa saja keindahan yang dihadirkan dan aktivitas di Danau Sentani?

22 Pulau Terdapat Di Tengah Danau Sentani

Aktivitas Seru Di Danau Sentani Jayapura
Kala terbang menuju Jayapura, Anda akan disambut pemandangan mempesona berupa hamparan alam bernama Danau Sentani. Seakan disambut oleh alam, Anda akan benar-benar melihat pemandangan yang indah. Pegunungan Cyclops menjadi latar belakang pemandangan Danau Sentani di sisi utara, termasuk rerimbunan pepohonan yang hijau dan asri.

Tidak jauh dari Danau Sentani terdapat 24 desa yang penduduknya sangat banyak yang merupakan suku setempat. Kerajinan tangan khas dari daerah Papua banyak dibuat oleh penduduk di sekitar danau ini. Danau Sentani terbilang unik, karena terdapat sejumlah pulau di dalamnya yang mencapai 22 pulau. Kalau penasaran dengan salah satu pulaunya, Anda bisa menyewa perahu  motor yang banyak disewakan di warga desa.

Danau Sentani ternyata pernah menjadi salah satu tempat penting. Karena dulunya pernah dijadikan lokasi latihan pendaratan pesawat amfibi. Tempat latihan ini didirikan oleh Jepang, selanjutnya di tahun 1944 lokasi tersebut direbut oleh tentara Angkatan Darat Amerika Serikat. Tersiar kabar kalau Jenderal McArthur yang merupakan sosok legendaris dari peristiwa Perang Dunia juga pernah menghuni kawasan Danau Sentani.

Menyaksikan Festival Danau Sentani

Aktivitas Seru Di Danau Sentani Jayapura
Meskipun bukan lautan, Danau Sentani dihuni kurang lebih 33 jenis ikan. Danau ini juga merupakan habitat asli bagi ikan gergaji yang sangat sulit ditemukan keberadaannya, sehingga ikan gergaji ini dianggap sudah punah. Sebaiknya kalau ingin mendatangi Danau Sentani, datanglah di bulan Juni. Karena setiap bulan ini selalu diadakan Festival Danau Sentani.

Festival Danau Sentani akan menampilkan berbagai atraksi khas suku lokal, salah satunya tarian perang. Dulunya tarian ini dilakukan secara sungguhan. Satu kata untuk Danau Sentani “Cantik”. Jangan sampai Anda ketiduran di pesawat saat melintasi danau cantik ini. Karena keindahannya sangat layak untuk diabadikan dengan kamera terbaik Anda. 

Aktivitas Seru Lainnya Di Danau Sentani

Aktivitas Seru Di Danau Sentani Jayapura
Akses jalan menuju Danau Sentani terbilang mudah, karena berada tidak jauh dari Bandar Udara Sentani yang merupakan pintu gerbang menuju Kabupaten Jayapura. Wisatawan domestik dan asing memang banyak berdatangan saat diselenggarakan Festival Danau Sentani. Tapi kalau Anda tidak sempat datang di bulan Juni, tetap bisa merasakan keindahan dan kegembiraan di Danau Sentani.

Beragam aktivitas seru tetap bisa Anda lakukan, seperti berenang di kawasan danau, membuat sagu, makan papeda, menikmati buah matoa, memborong lukisan kulit kayu, menyaksikan tifa keramat dan belajar mengepang rambut. Berenang di danau sudah biasa dilakukan warga sekitar, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Anda akan melihat keunikan lainnya, yakni ibu-ibu yang berenang sembari merokok.

Kalau penasaran dengan proses pembuatan sagu yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Papua, Anda bisa menyaksikannya di Desa Abar. Anda juga boleh merasakan mengolah sagu ini dan mencicipi bubur sagu atau papeda yang teksturnya mirip lem. Papeda ini semakin lezat saat menyantapnya bersama kuah kuning berisi ikan gabus yang menghuni Danau Sentani.

Sedangkan Desa Yobeh dikenal sebagai kawasan yang menyimpan banyak cerita magis dan juga berbagai benda keramat. Gendang khas Papua atau tifa berusia 200 tahun yang dibuat dari kulit manusia adalah salah satu benda magis yang ternama dari desa ini. Konon tifa ini bisa berbunyi sendiri, sebagai peranda ada salah satu warga yang akan meninggal dunia.

Pulau Asei merupakan pulau yang berada di tengah Danau Sentani yang paling populer. Anda bisa memborong kerajinan tangan khas tanah Papua, seperti kain kulit kayu yang memiliki motif yang sangat indah dan beragam kerajinan cantik lainnya. Berada di pulau ini, Anda bisa menyaksikan langsung aktivitas harian masyarakat sekitar yang banyak juga berprofesi dengan mencari ikan.

Pernah mencicipi buah matoa? Rasanya mirip kombinasi buah lengkeng dan rambutan, tapi aromanya sekilas mirip buah durian. Anda bisa mendapatkannya di penjual yang menjajakan di pasar tradisional dan pinggiran jalan. Keunikan lainnya adalah belajar mengepang rambut dari wanita setempat yang sangat ahli dalam menganyam rambutnya yang berjenis keriting menjadi unik dan menarik.

Hotel Nyaman Untuk Wisatawan

Aktivitas Seru Di Danau Sentani Jayapura
Singgah di Danau Sentani dilanjutkan dengan menginap di sejumlah hotel nyaman dan menawan adalah pilihan yang tepat dan menyenangkan. Hotel Sentani Indah yang lokasinya tidak jauh dari bandara bisa menjadi hotel yang memadai keinginan Anda. 



Komentar