Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa
Menikmati Keindahan Perawan Jawa
Ingin menemukan ‘Perawan Jawa’? Anda bisa mengunjungi Karimunjawa yang pastinya tak asing lagi sebagai objek wisata alam yang memukau.  Perairan di kawasan ini sangat bening, sehingga koin yang terjatuh ke dasar laut masih bisa terlihat dengan jelas. Hawa segar, awan putih, langit biru dan air laut yang jernih, akan membuat semua wisatawan betah berlama-lama untuk menikmati keindahan Karimunjawa. Apa saja keseruan yang bisa Anda jumpai di kawasan Laut Jawa ini?

Keindahan alam khas Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang begitu menawan, hamparan pasir putihnya membuat setiap orang ketagihan untuk kembali lagi. Di kawasan ini hidup berbagai fauna mempesona, hutan tropis dan hutan mangrove yang akan menyejukkan pemandangan Anda. Taman nasional laut tersebut diselimuti angin laut yang terjadi sepanjang hari. Suhu udara di kawasan ini berkisar 26 derajat sampai dengan 30 derajat celcius.

Anda bisa melakukan tracking untuk menikmati kesejukan hutan mangrove yang luasnya mencapai 10,5 hektar. Jalur tracking memiliki panjang sampai 2 kilometer. Selama menempuh jalur itu, Anda bisa menjumpai beraneka jenis mangrove langka. Anda juga bisa terlibat langsung untuk melestarikan mangrove tersebut dengan menanam mangrove di kawasan tersebut.

Kawasan bawah laut Karimunjawa menyimpan fauna akuatik mencapai 242 jenis ikan hias dan juga 133 genera akuatik. Di atas daratan bisa ditemukan fauna, seperti kera ekor panjang dan rusa. Fauna langka juga bisa ditemukan, seperti penyu hijau, penyu sisik dan elang laut berdada putih. Elang laut banyak ditemukan di Pulau Geleang dan Pulau Burung.

Penduduk Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Karimunjawa dihuni oleh penduduk yang multietnis, seperti Madura, Bugis Makassar dan Jawa. Etnis Jawa banyak tinggal di Dukuh Mrican, Dukuh Nyamplungan, Dukuh Legon Lele dan Dukuh Karimun. Mata pencaharian masyarakat itu, sebagian besar bertani dan menjalankan industri rumahan dengan membuat minyak kelapa dan batubata merah.

Etnis Bugis Makassar banyak dijumpai di Dukuh Tlogo, Dukuh Legon Gede, Dukuh Batu Lawang dan di Pulau Kemujan. Kebanyakan mereka bermata pencaharian sebagai nelayan. Sedangkan etnis Madura kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan sekaligus memproduksi ikan kering.

Tips mengunjungi Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Sejumlah tips bisa Anda terapkan, agar liburan di Karimunjawa lebih seru dan menyenangkan. Sebaiknya Anda mengunjungi Karimunjawa di bulan Mei dan bulan Agustus. Karena biasanya cuaca lebih mendukung, karena angin tidak kencang dan ombaknya tidak begitu tinggi. Sehingga Anda pun akan bertemu dengan banyak wisatawan lainnya.

Selama berada di Karimunjawa akan banyak nelayan menawarkan tamasya ke berbagai pulau eksotis, seperti Pulau Merica, Pulau Cemara Besar dan Pulau Menjangan Besar. Setiap pula memiliki panorama tersendiri. Jadi sebelum pergi ke sana, tentukan dahulu pulau mana yang lebih menarik.

Saat menyelam akan menjumpai hewan laut dan terumbu karang yang memukau. Penampilannya yang sangat cantik, terkadang membuat ingin menyentuhnya. Sebaiknya tetap waspada, karena beberapa diantaranya mengandung racun. Jadi jangan sembarangan untuk menyentuhnya.

Aliran listrik di kawasan Karimunjawa ini hanya mengalir selama 12 saja, yakni mulai jam 6 sore sampai 6 pagi. Jadi selama berada di kawasan ini, gunakan waktu itu untuk melakukan pengisian ulang baterai perangkat elektronik Anda. Menggunakan jasa agen perjalanan sangat tepat, bagi yang belum pernah berwisata ke Karimunjawa. Tapi harus selektif dan detail dalam menanyakan semua informasi dan fasilitas yang didapatkan.

Akomodasi atau tempat menginap di Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Sebagai tempat istirahat yang nyaman, wisatawan bisa memilih hotel, pondok apung, wisma atau homestay. Tarif bermalam di berbagai tempat penginapan itu beraneka ragam, secara umum berkisar 100 ribu sampai 500 ribu rupiah.  Akomodasi tersebut bisa dijumpai di Pula Menyewakan, Pulau Tengah, Pulau Menjangan Besar dan Pulau Karimunjawa. Menginap di hotel terapung bisa memberikan kesan unik, karena Anda akan tidur di atas air.

Berburu souvenir Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Untuk buah tangan, Anda bisa memborong kerajinan yang terbuat dari bermacam kayu, seperti kayu kalimasada, kayu dewadaru dan kayu setigi. Souvenir tersebut bentuknya adalah tasbih, keris dan tongkat.  Pusat kerajinan kayu itu bisa di jumpai di pusat kerajinan Labiki yang berada di jalan Kapuran, Desa Legon Cikmas dan  Al Badri.  

Selain souvenir dari kayu, bisa juga membawa pulang cenderamata dari hasil industri rumahan, seperti minyak kelapa, olahan rumput laut, jenang, ikan asin, ikan teri, topi dan kaos. Di tengah kota Karimunjawa, Anda bisa menjumpai penjual souvenir cantik itu dengan harga relatif terjangkau.

Transportasi menuju Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Sebelum menyeberang ke Pulau Karimunjawa bisa transit di Jepara, kemudian perjalanan dilanjutkan memakai kapal feri dengan menempuh waktu berkisar 6 sampai 7 jam. Bisa juga melalui Pelabuhan Tanjung Emas yang berada di Semarang. Dari pelabuhan ini perjalanan hanya memakan waktu antara 2 sampai 3 jam dengan menggunakan kapal cepat. Lama perjalanan di laut tergantung dari kondisi cuaca.

Setelah sampai di Karimunjawa, Anda bisa mengelilingi areal perairan pulau ini dengan menyewa perahu motor. Tarifnya berkisar 300 ribu sampai dengan 500 ribu sangat tergantung pada lama pemakaian dan jarak tempuhnya. Dengan menyewa perahu motor ini, menikmati Karimunjawa semakin puas.

Kuliner di Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Karimunjawa adalah penyuplai hasil laut paling besar di Pulau Jawa. Sehingga sajian olahan ikan dan makanan laut lainnya menjadi kuliner khas masyarakat Karimunjawa. Selain itu, Anda juga bisa menikmati swikee purwodadi, mendoan purwokerto, timlo solo, garangasem kudus dan siomay Karimunjawa. Bagi yang alergi atau tidak menyukai makanan laut bisa menjadikan makanan lain itu sebagai alternatifnya.

Aktivitas wisata di Karimunjawa

Menikmati Keindahan Perawan Jawa
Menikmati Keindahan Perawan Jawa

Kepulauan Karimunjawa dihiasi garis pantai panjang dengan pasir putih. Kawasan ini adalah lokasi sempurna untuk mneyaksikan sunset dan sunrise yang begitu menakjubkan serasa bermandikan sinar matahari yang sangat cantik. Selain itu Anda bisa menjelajahi kawasan lautnya yang sangat jernih, berjemur, berenang, memancing, snorkeling dan menyelam.

Kalau ingin berenang disarankan di sisi sekitar Pulau Kumbang, Pulau Kembar, Pulau Parang, sisi barat Pulau Menjangan Kecil dan sisi barat Pulau Tengah. Jika ingin memancing disarankan di sekitar Pulau Menjangan Kecil,  Pulau Menjangan Besar, Pulau Kembar, Pulau Tengah, Pulau Parang, Pulau Kemujan, Pulau Menyewakan dan sisi barat Pulau Bengkoang.

Kalau mau menyelam bisa melakukannya di sisi barat dan utara Pulau Karimunjawa, sisi timur Pulau Menjangan Besar, sisi barat Pulau Bengkoang, Pulau Kumbang, Pulau Parang dan sebagainya. Sedangkan untuk snorkeling bisa dilakukan di Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar, di sekitar Pulau Kembar, sisi timur dan utara Pulau Krakal Kecil dan sisi barat Pulau Bengkoang.

Kalau tidak bisa berenang tapi ingin menjelajahi bawah laut, bisa menggunakan kapal yang dilapisi kaca di sisi bawahnya atau glass bottom boat. Sehingga panorama bawah laut terlihat sangat dekat. Selain itu bisa juga mengunjungi akuarium raksasa di Pulau Menjangan Besar. Anda bisa menyaksikan ikan hias yang cantik dan ikan ganas seperti ikan hiu dan sebagainya.

Keasrian alam Karimunjawa menjadikan kawasan ini mendapatkan julukan ‘Perawan Jawa’. Sejuta pesona dihadirkan Perawan Jawa ini, Ayo ke Karimunjawa!








Komentar