Keindahan Desa Terapung Di Belanda

Keindahan Desa Terapung Di Belanda
Keindahan Desa Terapung Di Belanda
Jalan raya selalu bisa Anda temukan saat menjelajahi suatu tempat. Tapi ada satu desa di negeri Belanda yang tak mempunyai jalan raya. Desa ini bernama Giethoorn yang bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam saja dari kota Amsterdam. Sekilas Giethoorn layaknya desa lainnya di negeri kincir angin ini, tapi kalau diperhatikan ada pemandangan unik yang menjadikannya populer dan dibanjiri turis asing. Apa sebenarnya keunikan Giethoorn?


Tidak ada jalan raya, adanya kanal

Keindahan Desa Terapung Di Belanda

Keunikan Giethoorn terletak pada tidak terdapatnya jalan raya, tapi digantikan dengan kanal-kanal. Sebagai alat transportasinya digunakan perahu. Sehingga banyak orang menjuluki desa ini sebagai ‘Venesia’-nya Belanda. Kalau desa lainnya memiliki jalan raya utama, maka Giethoorn juga mempunyai kanal utama. 

Kanal utama tersebut panjangnya  sampai dengan 7,5 kilometer dengan kedalaman air sekitar satu meter. Dari kanal utama tersebut penduduk dan wisatawan dapat menuju ke kanal-kanal kecil lainnya yang terhubung dengan tempat tujuan Anda.

Perahu dan sepeda dalah transportasi andalan di Giethoorn

Keindahan Desa Terapung Di Belanda

Jumlah kanal di Giethoorn sangat banyak, tapi Anda tak akan terganggu dengan suara bising mesin perahu. Hal ini dikarenakan warga setempat memakai perahu Wishper Boat yang suara mesinnya sangat halus. Deretan rumah berarsitektur cantik akan Anda jumpai di sekeliling kanal. Pepohonan yang rindang tumbuh di sekitar rumah. Sehingga kesan asri dan hijau sangat terlihat di desa Giethoorn.

Tak hanya perahu yang diandalkan sebagai alat transportasi warga Giethoorn. Sebagian besar suka menaiki sepeda untuk saling berkunjung ke tetangganya. Keunikan inilah kenapa Giethoorn tak pernah sepi dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Para wisatawan sangat penasaran dengan keunikan Giethoorn yang sangat sulit ditemukan di kawasan lainnya.

Giethoorn  dibangun mulai 1230 Masehi

Keindahan Desa Terapung Di Belanda
Belanda tidak hanya terkenal dengan kincir anginnya saja, tapi juga memiliki desa unik bernama Giethoorn. Desa tersebut mulai dikembangkan sejak 1230 Masehi. Giethoorn dikenal sebagai desa terapung, dimana air yang mengelilinginya bersumber dari banjir besar St.Elizabet di tahun 1170 Masehi. Deretan hunian dipisah oleh air. Masih terpeliharanya bangunan tua yang antik, menjadikan Giethoorn semakin menarik dan unik.

Desa Giethoorn berada di Provinsi Overijssel, sekitar 1,5 jam dari Amsterdam. Giethoorn memang dikelilingi sungai yang mengalir ke semua penjuru desa, sehingga perahu diandalkan sebagai transportasi utama. Saat desa ini baru dibangun, tidak terdapat jalur darat satu pun. Tapi saat ini telah dibangun jalur sepeda dan juga jembatan antar rumah.

Nikmati suasana berbeda di Giethoorn

Keindahan Desa Terapung Di Belanda

Giethoorn adalah cerminan penduduk Belanda yang sangat bersahabat dengan air. Keterbatasan lahan daratan untuk menjadi kawasan hunian, terciptalah desa terapung yang mempesona. Bagi Anda yang ingin menikmati kesegaran alam, Giethoorn adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Belanda.



Komentar