Jelajah Pantai, Gua Hingga Cagar Alam Di Pangandaran

Jelajah Pantai, Gua Hingga Cagar Alam Di Pangandaran
Jelajah Pantai, Gua Hingga Cagar Alam Di Pangandaran
Pantai Pangandaran merupakan tujuan wisata mempesona di Jawa Barat. Keramaian di sekitar pantai menunjukkan kalau pengunjung kawasan ini sangat tinggi. Tidak hanya wisatawan domestik saja yang meramaikan tempat wisata ini, tapi juga banyak diantaranya wisatawan asing. Meskipun pernah diterjang tsunami beberapa waktu silam, keindahan Pangandaran tidak sirna. Apa saja keindahan dan kesenangan yang bisa Anda nikmati di pantai selatan ini?

Menyaksikan sunset hingga snorkeling di Pantai Pananjung

Jelajah Pantai, Gua Hingga Cagar Alam Di Pangandaran

Destinasi wisata ini sangat unik, karena menyuguhkan pantai dengan pemandangan yang sulit ditemukan di pantai lainnya. Anda bisa menikmati hamparan pasir hitam dan pasir putih di kawasan ini. Kehadiran sunset di pantai ini banyak dinanti, karena keindahannya begitu mempesona. Semenanjung menawan ini dulunya hanya kota kecil yang banyak dihuni nelayan. Mereka menangkap ikan setiap hari, berangkat pagi dan berlabuh saat menjelang petang. Menjaring ikan juga masih banyak dilakukan, Anda pun boleh ikut terlibat untuk merasakan sensasi menarik jaring dari lautan.

Terdapat dua pantai di kawasan ini, Pantai Pananjung dan Pantai Timur. Pantai Pananjung berada di bagian barat yang menjadi lokasi ideal untuk berwisata bersama keluarga. Ombak pantai ini relatif tenang, sehingga tidak ada larangan untuk berenang di pantai. Berjemur untuk menghangatkan badan atau menyaksikan keindahan alam sangat cocok dilakukan di sini.

Pantai Pananjung adalah pantai berpasir hitam, sangat tepat untuk surfboarding, berenang atau sekedar bermain pasir. Pergi ke taman laut menggunakan perahu akan membawa Anda menikmati snorkeling. Perahu juga bisa membawa wisatawan untuk memuaskan hobi memancing. Bagi yang ingin berenang, pastikan tidak melakukannya di daerah terlarang

Bermain Jet Ski di Pantai Timur

Jelajah Pantai, Gua Hingga Cagar Alam Di Pangandaran

Bagi Anda penggemar masakan laut bisa singgah di Pantai Timur. Anda bisa menikmati kuliner lezat dari olahan udang, kepiting, cumi-cumi, ikan segar dan sebagainya yang masih segar dan merupakan hasil tangkapan nelayan setempat. 

Terdapat banyak warung makan dan restoran yang menyuguhkan makanan laut. Pasar ikan segar berada di sisi selatan. Anda bisa membeli ikan segar yang barusan ditangkap oleh nelayan. Kawasan Pantai Timur juga merupakan daerah yang menyenangkan untuk bermain Banana Boat dan Jet Ski.

Mengelilingi kawasan Pantai Pangandaran ini paling tepat dengan berjalan kaki. Bisa juga dengan menggunakan sepeda BMX atau motor ATV yang banyak disewakan di kawasan pantai. Sensasi lain bisa Anda nikmati dengan menaiki becak yang bisa membawa Anda ke hotel atau kawasan indah lainnya.

Menyusuri Gua Jepang di Cagar Alam Pananjung

Jelajah Pantai, Gua Hingga Cagar Alam Di Pangandaran

Di sekitar pantai ditemukan cagar alam yang menyimpan hewan eksotis, seperti kerbau, rusa, monyet dan sebagainya. Dengan menggunakan perahu tradisional, Anda akan diantar menuju cagar alam berpasir putih. Terdapat juga gua alami dan juga gua buatan yang dibangun pasukan Jepang saat Perang Dunia Kedua. Gua itu difungsikan sebagai bunker pertahanan.

Air terjun yang menawan juga ditemukan di puncak bukit. Air dari air terjun ini akan mengalir langsung ke laut. Guna mencapai air terjun ini, wisatawan harus menempuhnya  dengan berjalan kaki. Pemandangan selama perjalanan sangat indah, jadi tak akan terasa lelahnya. Terdapat juga danau yang airnya sangat jernih, karena datang dari kawasan pegunungan. Kejernihan dan kesegaran airnya menggoda setiap orang untuk berenang di dalamnya.

Transportasi menuju Pangandaran

Jelajah Pantai, Gua Hingga Cagar Alam Di Pangandaran

Jika Anda datang dari Jakarta bisa menggunakan Susi Air yang membuka jalur khusus Jakarta-Pangandaran. Dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Anda akan langsung turun di Bandara Nusawiru Pangandaran. Transportasi ini adalah cara tercepat dan ternyaman untuk bisa segera sampai di Pangandaran. Bila datang dari Bandung juga bisa menggunakan pesawat dari bandara  Husein Sastranegara Bandung menuju Pangandaran. Selain itu bisa menempuh perjalanan dengan bus umum dan kendaraan pribadi.

Saat akhir pekan dan liburan, Pantai Pangandaran sangat ramai dikunjungi wisatawan. Jika Anda ingin berlama-lama di kawasan ini, sebaiknya memesan hotel jauh-jauh hari. Agar liburan Anda terasa lebih nyaman dan menyenangkan.



Komentar